Sunday, May 8, 2011

seberarti itukah kesan pertama?



"berikan kesan pertama yang baik, buat mereka yakin dengan anda"

kata2 itu pasti akan diucapkan orang buat mengantarkan atau menyemangati seseorang yang mau wawancara kerja haha (ya ga sih? sok tau aja gw hehe). emang sih penting banget yang namanya kesan pertama. kesan pertama itu biasanya dijadikan standar kita menilai seseorang. tapi apakah sesaklek itu penilaian kita atau pandangan kita terhadap seseorang? engga kaan? bisa aja apa yang orang tunjukin di pertemuan pertama itu bukan dirinya sendiri, atau bisa aja yang dia tunjukin itu hanya sebagian kecil dari karakternya dia, atau dia pemalu jadi gabisa menunjukkan kekuatan apapun, atau dia tidak ingin dinilai lemah makanya dia sok2 kuat, atau inii atau ituu lalalaa. banyak gitu kemungkinan2 yang terjadi.

karena sebenarnya saya memiliki pengalaman kecil terkait kesan pertama seseorang terhadap diri saya. kebanyakan teman sepermainan saya saat ini menilai saya sebagai seseorang yang sangat aktif, orang yang sangat sabar, walaupun di satu sisi mereka juga menilai saya sebagai orang yang galak banget haha. mereka juga memandang saya sebagai orang yang baik hati, orang yang selalu totalitas dalam segala hal, dan orang yang jarang sekali mengeluh. sebagian dari mereka juga menilai saya sebagai seseorang yang sangat rasional (ini nih yang sering bikin konflik buat diri gw, ahh).

padahal padahaall, saya tidak se-tough itu lohh, gw ga seaktif itu jugaa, gw ga sehebat itu, ga sebaik itu, yaaa ga segitunyalah intinya mah. gw yaa gini2 aja sebenernya. tapii karena orang2 terlanjur menilai gw seperti itu, yaa terpaksa gw harus tetap seperti itu. gw juga orang yang pengen berkeluh kesah loh, gw juga orang yang bisa capek, gw juga orang yang ada rasa bosennya. dan gw juga perempuan, yang ga selamanya otak bisa menguasai gw. jadi ga selamanya gw selalu rasional. ga salah kan gw?

naahh pesan moral yang dapat diambil adalaaahh.. 
pertama, jangan sampai kita salah dalam menunjukkan diri kita itu seperti apaa. mungkin menunjukkan yang baik2 itu perlu, tapi jangan sampe dilebih2kan. nanti orang lain bisa berekspektasi yang terlalu tinggi tentang diri kita trs bisa kecewa deh setelah tau kita yang sebenernya itu kayak apa (yaa salah dia juga sih expect too much haha)
kedua, jangan terlalu saklek sama penilaian awal kita terhadap sesuatu. kan bisa aja orang itu berubah. everybody's changing. namanya juga makhluk hidup yang sedang mengarungi lautan kehidupan haha yakan?
ketiga, kalo kita udah terlanjur menunjukkan sisi terbaik dari diri kita, kayak kisah gw diatas tadi, yaa jadikanlah itu standar kemampuan dan karakter diri kita ajaa. buat jadi motivasi diri kalo ternyata kita pernah ada di level itu loh, kalo ternyata kita bisa. ya ga ya gaa? asiikk haha

okee sekian racauan pertama saya
jadii, kesan pertama itu berarti yaa? blm kejawab prasaan dah