Monday, May 23, 2011

pelajaran sabar dan ikhlas itu berapa SKS sih yaa ?

setiap gw cerita dan berkeluh kesah mengenai masalah2 hidup, pasti orang2 bakalan bilang "yaudahh yang sabar aja yaa, ikhlas aja ngejalanin semuanya" selalu gituu. 

hidup, namanya juga hidup. kayak roda. kadang diatas kadang dibawah. kadang seneng kadang sedih. kadang berasa mudah kadang susah beneerr. dan hidup punya partisi2 di dalemnya, dan partisi2 itu juga seperti roda. yayaa sekecil apapun itu, pasti akan terus berputar, ga mungkin stagnan. yang menyebabkan hidup kita stagnan itu adalah ke-stagnan-an dari motivasi, semangat, dan usaha kita (kesotoyan pertama).

suatu hari gw merasa sangat kesulitan menghadapi masalah terkait tanggung jawab gw. dan gw berharap bisa cerita ke salah satu teman  gw, teman terdekat gw. gw berharap dia bisa memahami masalah gw dan membantu mencarikan solusi. tapi nyatanya yang keluar dari mulut dia hanyalah kata2 'yaudah sabar aja, emg harus ikhlas kan ngejalanin pekerjaan kita'. kesel sihh, oraanng gw berharap dia bisa mengangkat gw dari keterpurukan, tapi nyatanyaa.. heemm, tapii setelah gw pikir2 lagi, ya emang itu intinya sih. sabar dan ikhlas. kadang2 kita sering lupa kalo kita harus terus mengaplikasikan dua ilmu dewa itu kapanpun dimanapun. kita kuat ya karena diri kita sendiri, kita bisa menghadapi semuanya ya karena kita sabar dan ikhlas ngejalanin semuanya (kesotoyan kedua).

gw sering mendengar juga kalimat ini : 'perlakuan orang lain ke kita itu adalah cerminan dari perlakuan kita ke orang tersebut'. heemm bener banget sih itu emang. gw pernah mengalami hal ituu. lagi2 dengan si teman terdekat gw itu hehe. suatu hari gw ngerasa, ihh dia kok gitu banget sih (bayangin sendiri aje yee). agak ga terima kalo dia gitu banget ke gw. tapi bbrp waktu kemudian dia ngmng ke gw, ihh lo kok gitu banget sihh. nah lohh, apa yang gw rasakan itu ternyata sama dengan apa yang dia rasakan. gw pengen dia lebih enak lagi dalam bersikap ke gw, dan ternyata dia juga mengharapkan hal yang sama. jadi kesimpulan awal yang gw tarik pada saat itu adalah, lakukan apa yang emang pengen lo lakuin, apalagi lo pengen juga kalo orang lain melakukan hal itu ke diri lo (kesotoyan ketiga). heemm nyemnyeemm. apa hubungannya sama sabar dan ikhlas? yaakk, kedua ilmu dewa itu juga wajib diterapkan disini. misalnya nih, kita udah ngelakuin hal itu, tapi ternyata dia tidak melakukan hal itu juga, pasti kesel kan tuh, gondok hahaha. maka dari itu diperlukan kesabaran dan keikhlasan juga dalam melakukannyaa..

gilaa kan nih si ilmu sabar dan ikhlas ini. dijamin banget kalo kita udah bisa mengaplikasikannya, insya allah kita bakalan lebih santai lagi menjalani hidup, kita juga bakalan lebih bersyukur lagi pastii, dan kita akan menjadi insan yang lebih mulia lagii. inget aja, kalo kita hidup itu untuk tuhan kita, untuk allah, niatkan semua2nya karena allah. jadi seberat apapun masalah hidup kita, sesusah apapun itu, inget lagi sama niat kita. insya allah bisa sabar dan ikhlas ;)

selalu inget bahwa Allah tidak akan pernah memberi cobaan kepada seorang hambanya di luar kemambuan hambanya itu :)

jadiii, sepertinya kita ga akan pernah lulus kuliah sabar dan ikhlas ehehehe (kesotoyan keempat :D)